Catatan Perjalanan Gunung Guntur 12-13 Maret 2016

Update Maret 2018

Sebagian besar gunung Guntur, termasuk puncak Guntur (via Citiis/Cikahuripan) dan pos camp 3 termasuk ke dalam bagian Cagar Alam Kawah Kamojang [3] yang berarti kawasan tersebut tidak boleh dimasuki dengan tujuan aktivitas apapun kecuali untuk penelitian dan kegiatan konservasi. Namun demikian untuk kegiatan wisata di daerah gunung Guntur ini masih bisa dilakukan sampai curug Citiis yang masuk ke dalam bagian Taman Wisata Alam Gunung Guntur. Kalau memang melanggar, kenapa tulisan di blog ini masih ada? Karena melihat dari stats artikel ini cukup banyak mendapatkan perhatian dari netizen, dan sebagai bagian tanggung jawab dan permintaan maaf saya bagi supremasi Cagar Alam saya update tulisan ini dengan informasi terkait Cagar Alam, saya berharap dengan ini informasi keberadaan Cagar Alam di gunung Guntur ini akan tersebar lebih baik/banyak (pantau timeline Mang Pepep https://www.facebook.com/pepdw untuk informasi yang lebih komprehensif).

Mungkin memang cara terbaik untuk menikmati dan mencintai alam adalah dengan membiarkannya tumbuh, tanpa campur tangan manusia.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Akhirnya setelah mengumpulkan niat dan motivasi saya bisa menuliskan sedikit pengalaman dari perjalanan mendaki beberapa gunung. (rencana) Tulisan-tulisan sebelumnya selalu berakhir dengan wacana karena selalu mentok untuk memikirkan kata pengantar (padahal kata pengantar biasanya ditulis di akhir tulisan). Ditambah tekanan yang konsisten untuk menulis dari si neng ini, baiklah saya mulai catatan perjalanan ini.

Gunung Guntur (GG) adalah salah satu gunung yang terdapat di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2249 mdpl [1], perlu dicatat menurut penuturan volunteer GG, ketinggian 2249 ini merupakan ketinggian yang diukur di puncak 1. Sementara masih menurut penuturan volunteer yang sama, GG memiliki 7 puncak, dimana puncak 1-4 merupakan puncak yang diperbolehkan untuk dikunjungi pendaki, sedangkan puncak 5-7 merupakan daerah konservasi yang tidak diperkenankan untuk dikunjungi pendaki. Menurut sumber [1] GG merupakan gunung paling aktif pada dekade 1800-an. Gunung ini termasuk ke dalam tipe gunung Strato [2]. Masih menurut situs yang sama, kemiringan GG bervariasi antara 2-75°, ya kira-kira miringnya seperti foto di bawah ini.

Ketertarikan saya terhadap gunung ini berawal dari kunjungan saya ke daerah Cipanas, Garut. Saat berendam di pemandian air panas, saya tertarik darimana sumber air panas yang mengalir ke tempat pemandian di daerah Cipanas ini. Selidik punya selidik (selidik aja boleh punya selidik, kenapa jeruk ga boleh punya jeruk? #ngawur) ternyata di kawasan utara pemandian air panas ini berdiri sebuah gunung yang bentuknya cukup unik, orang sekitar menyebutnya Gunung Guntur. Faktor lainnya adalah beberapa kawan pendaki kerap membandingkannya dengan gunung Semeru di Jawa Timur. Konon GG bisa dijadikan medan latihan sebelum mendaki gunung Semeru.

Lanjut, sudah cukup lama saya ingin mendaki gunung ini, namun selalu terbatas waktu. Hingga sekitar hari Jum’at tanggal 11 Maret 2016, kang Tatan Tasori (yang saya kenal dari komunitas Satu Bumi Kita/Sabuki) mengajak saya bersama 3 orang pendaki lainnya untuk melakukan pendakian ke gunung Guntur. Setelah koordinasi singkat, saya hanya diminta untuk membawa perlengkapan pendakian pribadi saja.

Selanjutnya kami janjian untuk kumpul di bunderan Cibiru pada Ba’da Dzuhur (selanjutnya saya agak kesel karena teman-teman yang lain baru datang sekitar pukul 14.30 -_-” ).

Sabtu, 12 Maret 2016

Hari yang dinantikan tiba, setelah cukup beristirahat, membeli logistik dan mengecek kembali perlengkapan pribadi, sekitar pukul 11.15 saya berangkat dari rumah di jalan Setiabudhi, dengan asumsi perjalanan akan memakan waktu sekitar 1.5 jam dengan asumsi Bandung yang bakal macet. sekedar saran, jika akan menuju daerah Cibiru dari arah Bandung barat, sebaiknya lewat jalan Soekarno Hatta saja, karena jika lewat Cicaheum-Gedebage-Ujungberung terdapat banyak titik simpul macet. Akhirnya sekitar pukul 12.30 saya sampai di bunderan Cibiru, tapi sekalian numpang solat saya minta titik kumpulnya di SPBU Cinunuk. selepas makan siang, ngopi, baca-baca, baru sekitar jam 14.30 kang Tatan datang bersama Lisna yang sengaja datang dari Serang. 2 teman pendaki lainnya (Emey & Icha) belum sampai karena masih menyiapkan perlengkapan, akhirnya diputuskan untuk ketemuan langsung di basecamp gunung Guntur.

Dengan mengendarai sepeda motor, kami berangkat menuju basecamp gunung Guntur. Patokan perjalanan dari kota Bandung menuju basecamp gunung guntur ini adalah lewat Rancaekek-Nagrek-Garut Kota, tepat sebelum SPBU Tanjung akan ditemui gerbang menuju objek wisata Gunung Guntur. Perjalanan dari Cibiru sampai ke basecamp memakan waktu sekitar 1.5 jam jika jalanan lancar, melalui aspal yang mulus. Dari gerbang gunung guntur ke basecamp GG memakan waktu sekitar 20 menit dengan kondisi jalan umumnya tanah.

Screen Shot 2016-04-17 at 10.39.04 PM

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, untuk menuju basecamp dari gerbang GG terdapat angkutan umum/truk yang biasanya mematok ongkos per orang 5000-10000. akhirnya saya sampai di basecamp GG Pak RT. Basecampnya sendiri terdapat beberapa tempat, di pak RT, pak RW, dan Ummi apa, ya. para pendaki bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah beliau, juga terdapat warung nasi, es campur dan saung-saung tempat beristirahat. Di basecamp ini tidak perlu membayar tiket (hanya biaya parkir per motor 5000 rupiah), pendaki hanya diminta registrasi anggota kelompok dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Basecamp Pak RW Gunung Guntur

Di basecamp akhirnya semua teman-teman pendaki sudah lengkap, kondisi saat itu hujan turun cukup lebat dan belum menunjukkan tanda-tanda reda, hingga sekitar pukul 19.00 kami memutuskan untuk memulai pendakian. Tidak lupa berdoa, kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 3 GG.

Rute perjalanan yang ditempuh : basecamp GG – pos tiket – Pos 1 (ada sumber air)-  pos 2- pos 3 (camp, ada sumber air) – puncak 1 – puncak 2

Dari basecamp ke pos tiket perjalanan sekitar 10 menit, di pos ini formulir registrasi kami dicek lalu kami membayar Rp. 12500 (Rp. 7500 tiket masuk, Rp. 5000 untuk kemping). Lanjut perjalanan menuju pos 1, jalanan berupa tanah bercampur batu. jalanan ini jika siang dilalui oleh truk-truk pengangkut batu & pasir dari tambang galian yang berada di sekitar gunung guntur ini. di tengah jalan kami bertemu dengan pendaki-pendaki yang turun, termasuk 23 orang anak SMP (belakangan diketahui mereka ijin ke orangtua untuk reunian, akhirnya didatangi oleh pihak sekolah untuk segera kembali), nakal ya :p Kondisi hujan masih gerimis, kebetulan yang pernah ke Guntur adalah Emey & Icha, karena kondisi gelap, jalanan agak sulit dikenali, maka kami sempat ragu jalur mana yang harus dilalui, namun ternyata di beberapa tempat dapat ditemui petunjuk berupa panah di batu dan papan penunjuk arah.

Sekitar pukul 20.15 kami sampai di warung yang ada di sekitar pos 1, di sini kami memutuskan untuk berteduh, masak-masak, ngobrol, chatting ditemani rintik hujan dan aliran sungai. malam hari warung di sekitar pos 1 ini umumnya tutup, tapi ada 1 warung yang masih buka. di pos ini kami juga bertemu salah seorang volunteer yang mengaku sudah mendaki gunung guntur hingga puncak 5 dari usia belia. sekitar pukul 21.30 hujan pun reda, kami melanjutkan pendakian ke pos 2,  melalui aliran sungai kecil. Dari pos 1 ke pos 2 ini perjalanan mulai menanjak dengan kemiringan sekitar 30-45°. jalanan umumnya tanah berbatu yang tidak terlalu licin. kami sampai di pos 2 sekitar pukul 22.15.

Penanda pos 2 adalah si pohon yang instagramable ini, nampak pula pemandangan daerah Cipanas, Garut

Lanjut perjalanan ke pos 3, jalanan masih menanjak, sekitar 30 menit sebelum mencapai pos 3 kami sempat berfoto2 dulu.

DSC02704Sekitar pukul 23.15 kami sampai di pos 3, di pos ini kami melakukan pengecekan tiket & formulir registrasi. di dekat pos 3 ini juga terdapat sumber air yang cukup deras.

Penanda persimpangan pos 3, puncak & sumber mata air (http://www.bluetripper.com/2014/10/pendakian-gunung-guntur-2249-mdpl.html

Kondisi pos 3 saat kami camp cukup ramai, mungkin ada sekitar 50 tenda, saya pun sempat ngobrol dengan teman-teman pendaki lain yang berasal dari UI, sumedang, garut dan bandung. Selanjutnya kami mendirikan tenda (ternyata tendanya kang Tatan Consina superlight untuk 1P, walaupun cukup untuk 2 orang+perlengkapan, saya pun agak males untuk tidur di tenda). Mungkin karena kondisi selepas hujan, jadi suhu di pos 3 tidak terlalu dingin. Oya, FYI juga, mungkin karena setelah terjadi beberapa insiden di Gunung Guntur ini (pendaki yang bocor terkena bongkahan batu, tersambar petir), saat ini tempat berkemah dibatasi hanya sampai Pos 3.

Check in di pos 3
Pemandangan di Pos 3 GG

Setelah mendirikan tenda, kami sempatkan ngobrol, ngemil-ngemil ganteng dan cantik, akhirnya Emey dan kang Tatan memutuskan untuk tidur duluan.  Hujan yang turun sejak tadi sore untungnya membuat langit malam cukup cerah dan bintang-bintang cukup terlihat jelas. Panorama city light garut malam hari yang mempesona tidak urung saya abadikan dalam beberapa jepretan. Lepas foto-foto saya kembali ke tenda, ternyata Lisna dan Icha belum tidur, akhirnya mereka minta difoto juga, huahaha.  Sepanjang malam juga ditemani pendaki-pendaki kurang kerjaan yang teriak-teriak ga jelas. Satu hal yang saya suka saat mendaki gunung adalah mungkin ketika lelah, selera humor saya lebih rendah dari biasanya, jadi teriakan-teriakan usil seperti itu pun bisa buat saya ketawa-tawa.

Tenda kami di Pos 3
Citylight view daerah Cipanas malam hari dari Gunung Guntur

Minggu 13 Maret 2016

Kami foto-foto sampai sekitar pukul 01.30, Lisna dan Icha memutuskan untuk tidur, sedangkan saya sendiri tidak terlalu ngantuk, lagipula pukul 4.00 nanti juga mau mulai mendaki ke puncak, jadi saya putuskan untuk baca-baca saja. saya gelar matras aluminium foil di depan tenda cewe2 ini ditemani lampu LED xiaomi yang saya dapat dari jaknot #iklan, ditemani langit malam bertabur bintang. tidak terasa sekitar pukul 02.30 angin malam mulai terasa dingin, saya kelilingi badan saya dengan aluminium foil yang cukup efektif menghangatkan badan. akhirnya awan tipis mulai menutupi binta-bintang, padahal saya menunggu momen penampakan milkyway sekitar pukul 3 pagi, saya lanjutkan baca-baca sampai pukul 03.30, sambil sesekali melihat kondisi langit.

Mendekati pukul 4 pagi, di sekitar pos 3 mulai riuh dengan pendaki yang sudah bangun dan akan melanjutkan pendakian ke puncak. beberapa menargetkan hingga puncak 4. Saya bergegas membangunkan teman-teman lain, akhirnya dari 5 orang, hanya 3 orang yang akan memutuskan ke puncak (saya, Emey & Lisna). saat siap-siap ini saya justru melihat penampakan milkyway, kesempatan ini jelas tidak akan saya lewatkan, entah sudah beberapa purnama saya merindukan sabuk pusat peredaran tata surya kita. Emey dan Icha akhirnya juga ingin difoto.

nemu bendera, dan milkyway :3

Sekitar pukul 04.15 kami bertiga mulai melakukan pendakian ke puncak, sambil sesekali saya curi-curi foto milkyway. FYI, kondisi pendakian dari pos 3 ke puncak 1 ini lumayan kece, dengan kemiringan sekitar 50-75° trek ini cukup menantang. Pendaki sebaiknya menggunakan jalur kiri/kanan, dan menjauhi jalan sebelah tengah yang biasanya digunakan untuk pendaki yang turun. Jalanan berupa tanah keras, kerikil dan rerumputan dan ilalang. Di beberapa tempat juga ditemui pohon-pohon edelweis yang belum berbunga. Untuk menghemat tenaga dan keselamatan, sebaiknya cari pijakan berupa rerumputan yang biasanya cukup kokoh.

Sekitar pukul 05.30 pendar matahari di ufuk timur mulai menampakkan sinarnya, kami memutuskan untuk menikmati sinar mentari sebelum puncak. Di beberapa tempat juga dapat ditemui dataran yang cukup luas dan datar jika akan melakukan solat subuh. Sekitar pukul 6 pagi kurang, kombinasi dari sinar mentari dan awan menghasilkan ROL yang sangat menarik. Dari tempat saya beristirahat dapat dilihat pemandangan kota garut yang diselimuti kabut. Dari gunung Guntur ini juga kita dapat melihat beberapa gunung seperti Tampomas, Cikuray, bahkan gunung Slamet di Jawa Tengah.

ROL dari bukit sebelum Puncak 1 Gunung Guntur
Selimut kabut di Kota Garut

Setelah puas menikmati matahari terbit kami melanjutkan perjalanan ke puncak yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit lagi dari tempat istirahat tadi. akhirnya kami sampai di puncak 1 sekitar pukul 06.30. Di puncak 1 kami mengabadikan beberapa momen, lalu membuat minuman hangat dan sarapan. Di puncak 1 ini kita dapat melihat puncak 2 yang sangat mirip dengan puncak gunung merbabu jika dilihat dari sabana 2 merbabu. di puncak 1 ini kita dapat melihat cerukan yang dulunya mungkin kawah. di cerukan ini terdapat sumber air dari air hujan, saya tidak bisa memastikan apakah airnya bisa dipakai minum.

Setelah minum coklat panas, sekitar pukul 07.00 saya memutuskan untuk ke puncak 2. Emey dan Lisna tidak ikut karena lumayan kecapean (saya juga jelas cape). Perjalanan dari puncak 1 ke puncak 2 memakan waktu sekitar 15 menit. di perjalanan menuju puncak 2 ini di sebelah barat kita dapat melihat panorama gunung Cikuray dengan kerucutnya, gunung papandayan dengan kawahnya yang terbuka dan kawah Drajat dengan uap dari pembangkit listrik tenaga panas buminya. di perjalanan juga dapat ditemui tanah yang beruap, sebuah bukti bahwa gunung Guntur masih aktif dengan aktivitas vulkanisnya. untuk menuju puncak 2 biasanya pendaki menggunakan jalan sebelah kiri, lalu turun dari punggungan gunung sebelah kanan.

Dari paling kiri, Tampomas, …, Cikuray, Papandayan, Darajat

Dari paling kiri, Puncak 3, 4, 5, 6, 7 Gunung Guntur

Dari paling kiri, Puncak 3, 4, 6, 7 (puncak 5 terhalang puncak 3, dari puncak 3 dapat terlihat medan menurun & menanjak dari puncak 3 ke puncak 4)

Jumlah pendaki di puncak 2 ini lebih sedikit dari pendaki di puncak 1. Dari puncak 2 dapat terlihat jajaran puncak 3-7 gunung guntur. dari sini pula dapat terlihat perbedaan puncak gunung guntur, misalnya puncak 1-4 berupa dataran sabana dengan tetumbuhan rendah seperti rerumputan dan centigi, sementara puncak 5-7 berupa hutan rimbun. Konon di puncak 5-7 masih banyak terdapat hewan-hewan liar seperti babi hutan, ular dan macan kumbang.

Sebenarnya masih ingin ke puncak 3, tapi kondisi lutut yang kurang latihan dan teman-teman di bawah, setelah puas foto-foto saya kembali ke puncak 1 untuk lanjut ngemil dan nunggu ibu-ibu yang giliran foto-foto. tidak terasa menunggu mereka foto-foto akhirnya saya ketiduran di puncak 1 sekitar 30 menit, lanjut beres-beres dan bersiap-siap turun ke pos 3. 2 minggu berikutnya saya kembali ke GG bersama tim Anjasss dari Jakarta & Jogja, kali ini berhasil mencapai puncak 3 😀 Perjalanan dari puncak 2-3 memakan waktu sekitar 15 menit.

Di belakang nampak puncak 4 (paling kanan) dan puncak 5 paling belakang

Selanjutnya adalah perjalanan turun dari puncak kembali ke pos 3. Perjalanan turun ini juga sangat menarik, karena cerita teman-teman pendaki sebelumnya umumnya mereka main perosotan. Seperti yang sudah dibilang di awal, untuk turun sebaiknya gunakan jalur tengah yang berupa kerikil-kerikil lepas. Tetap berhati-hati karena sewaktu-waktu banyak batu yang meluncur di lintasan yang dapat mengancam nyawa (usahakan jangan memegang pinggiran parit, yang notabene terdapat banyak batu yang strukturnya labil).

Main Perosotan di Gunung Guntur

Akhirnya sampailah di tempat perosotan ini, kami dengan riangnya ngesot di jalur tengah yang sudah berbentuk parit, sambil beberapa kali terpeleset. nah disini yang perlu diperhatikan adalah penggunaan alas kaki, sebaiknya sih gunakan sepatu & gaiter supaya kerikil tidak mengganggu saat jalan (saya sendiri pake sendal gunung dan kaos kaki putih yang berakhir jadi warna hitam :p). perjalanan turun dari puncak 1 ke pos memakan waktu sekitar 1 jam.

Tiba di pos 3 sudah menunggu kang Tatan dan Icha yang sudah memasakkan puding. Setelah beristirahat sejenak, pukul 10.00 kami memutuskan untuk turun. Siang hari di Guntur cukup terik, alhasil sukses membuat saya meleleh. Untungnya di pos 1 terdapat warung yang menjual Nutris*ari dingin dan Bala-bala/bakwan. Kita sampai di Basecamp sekitar pukul 11.30, lanjut jajan es campur dan Bala-bala (lagi), hahaha. Setelah istirahat, (sebagian) mandi, kami melanjutkan perjalanan pulang ke Bandung, dan alhamdulillah sampai di Bandung sekitar pukul 16.30, fiuh.

Kesan saya untuk gunung ini adalah memang betul apa yang banyak dikatakan para pendaki, ketinggiannya memang tidak terlalu tinggi, tapi nyiksa! Nyiksa dengan kenangan dan pemandangannya yang bikin rindu untuk kembali lagi. Insyaallah saya akan kembali lagi, Guntur.

Foto lain :

Main Perosotan di Gunung Guntur

Boleh khan majang pose andalan? :p

Jalan menuju puncak 2 Gunung Guntur
Pohon Jodoh (katanya) di Gunung Guntur
kalo kamu motivasi naik gunungnya apa? 🙂
Pemandangan lembah GG yang mirip bukit penyesalan di Rinjani
Suasana malam di Pos 3 GG

Spongsor (tidak) resmi, sangat praktis untuk membuat segelas coklas/kopi panas
Yuhuu milkyway, i see youuu
Minjem properti orang dulu di Puncak 2 :p

Tips :

• Sebelum melakukan pendakian, cek terlebih dahulu status izin pendakian dan cuaca daerah sekitar. Untuk mengetahui status izin pendakian kita bisa tanyakan ke teman-teman @volunteerguntur di twitter yang rajin mengupdate info pendakian gunung Guntur.
  • Lebih baik gunakan Sepatu+Gaiter supaya saat perjalanan turun dari puncak lebih nyaman, tidak terganggu kerikil-kerikil yang masuk ke dalam sepatu
  • Disarankan tidak memakai celana pendek, karena kebanyakan jalan di Gunung Guntur terutama menuju puncak berupa kerikil dan batu-batu lahar yang cukup tajam, sebaiknya gunakan celana panjang. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?
  • Gunakan tabir surya/payung kalau ga mau terlalu terbakar sama matahari Gunung Guntur, atau berangkat saat sore/malam hari.

Cost damage :

Referensi :

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Guntur

[2] http://volcanoindonesia.blogspot.co.id/2010/10/guntur.html

[3] http://bbksdajabar.ksdae.menlhk.go.id/wp-content/uploads/2017/08/Profil-Bidwil-3-Fix_skw_5_kamojang.pdf

14 tanggapan untuk “Catatan Perjalanan Gunung Guntur 12-13 Maret 2016

1. Guntur emang mantep banget. Nyiksa dengkulnya berasa sampe 3 hari setelah turun. Tapi justru bikin ketagihan dan pengen nanjak lagi. Foto2nya bagus, btw.

Suka

1. terimakasih mbak, betul, paling seru pas turunnya malah. fyi, jalur pendakian gunung guntur (sejak pos 3) sampai area puncak2nya adalah bagian dari cagar alam Kamojang, yang sebaiknya tidak dikunjungi kecuali keperluan akademik/konservasi, saya sendiri sudah tidak akan ke guntur lagi walaupun rindu 🙂

1. Wah, serius? Padahal viewnya juara banget Guntur. Untungnya tahun lalu udah sempet kesana. Lagi pengen nyobain gunung jawa tengah, mas. Kalo jawa barat, penasaran gede pangrango krn ga pernah kebagian kuota.

2. serius mbak, sebagian keindahan memang sebaiknya dibiarkan tanpa campur tangan manusia 🙂 alhamdulillah sudah pernah ke gepang, ambil waktu weekday mbak, weekend mah udah pasti penuh, atau tanya2 ke outdoor organizer di TNGP, sepertinya ada kuota khusus untuk ‘jalur mereka’

Suka

1. yup, rame sih terutama pas weekend. saya jg pernah naik sendiri wlopun tektok dan pagi2. tapi lagi2 saya sarankan untuk mendaki gunung lain saja karena trek pendakian guntur ini memasuki daerah cagar alam 😊